Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

♪ ♥ Get Paid Daily - The Best Sites PTC ♥ ♪
DonkeyMails.com: No Minimum Payout
AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys

Senin, 20 Agustus 2012

Pengenalan Jaringan


Pengenalan Jaringan
Internet adalah Interconection network adalah jaringan antar komputer diseluruh dunia yang berkomunikasi antara satu dengan yang lain yang berfungsi sebagai sumber informasi media komunikasi dan media transaksi yang bisa berlaku secara global.
Perkembangan Internet
Pada awalnya dikembangkan oleh akademisi dan militer amerika serikat untuk kepentingan riset (science) dan intelejen pada tahun 1969 dikenal dengan nama proyek ARPANET sesuai dengan perkembangan zaman hingga saat ini internet dapat dipakai oleh semua kalangan untuk berbagai keperluan (bisnis,pendidikan,hiburan dan bahkan politik) dan hampir bisa diakses dimana saja.
Diinternet dapat kita gunakan bebegai layanan diantaranya :
1.      WWW (World Wide Web) layanana ini memungkinkan kita mengakses informasi disebuah alamat web site.misalkan kita mengakses informasi yang ada diweb site Detik.com, kompas.com. ilmu komputer.com dan sebagainya.
2.      Email layanan ini mirip dengan layanan pos sehingga kita saling berkirim pesan antar pengguna internet diseluruh dunia.
3.      FTP (File Transfer Protokol) Memungkinkan kita untuk mengambil data dan memberi data atau infomasi antar komputer server dan komputer yang kita gunakan atau sebaliknya
4.      IRC (Internet Relay Chatting) Memungkinkan kita berinteraksi langsung kepada seluruh pengguna internet yang sedang online pada waktu bersamaan
5.      Audio Video Streaming memungkinkan kita Menjalankan file audio video secara langsung dari internet tanpa disimpan dulu dikomputer kita.
Infranstruktur yang digunakan
1.Komputer Mengaksesnya
            a. Personal Komputer
            b. Notebook
            c. Handphone
2. Jaringan Komunikasi
a.       Jaringan Telepon
b.      Layanan gprs atau operator selular GSM
c.       Satelit (Vsat)
d.      Jaringan Kabel PLN
3. Modem  (Modulator Demodulato) setiap jaringan yang kita gunakan.
4. Komputer server yang online 24 ke internet (ISP)
5. Protokol TPI/IP (Sofware)
6. Program aplikasi untuk mengaksesnya contohnya
a.       Web Browse yaitu harus kita gunakan program aplikasi Internet Explorer,Netscape, Communikator, Opera dan lain-lain.
b.      Email Client (Outlook Expres, Eudora dan lain-lain)
c.       Messeger (MSN Messeger, Yahoo Messeger, ICQ, MlRC)
d.      Audio Video streaming player (windows Media player, Real one)
Prinsip Kerja Internet
Perlu kita ketahui komputer yang terhubung di internet hanya satu sedangkan kenyataan yang kita akses lebih dari satu jadi komputer lain akses melalui perantara komputer yang terhubung pada komputer server.
Koneksi ISP ke Windows XP
Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya agar komputer digunakan dapat mengakses layanan-layanan yang ada di internet maka  komputer tersebut  dihubungan pada komputer server online. Komputer server  yang online 24 jam  disediakan oleh Provider ISP
Cara menghubungkan internet melalui telkom net
  1. Kita pastikan apakan modem sudah terpasang atau belum dan lakukan query modem untuk memastikan apakah bisa dipakai atau tidak dengan cara  Phone and modem Option, pilih modems, propeties, diagnostics, query modem
  2. Membuat koneksi ISP, Telkom.net star settung network conection, create a new connection, next, connec to the internet,next, set up my connection manually next, connect using a dial up modem.isi name ISP, next,kemudian isi number phone ISP 080989999, next, untuk user name isi telkomnet@instan password isi telkom, next,adda short cut
Apa itu Browsing
Aktivitas yang kita lakukan untuk mengunjungin alamat-alamat web site yang ada diinternet dengan memanfaatkan layanan world wide web jadi kita menggunakan internet sebagai salah satu informasi.
Program yang digunakan dalam browsing yaitu internet explorer karna semua sistem windows pasti ada internet explorernya.
Mengenal Pengaturan nama domoain. Contoh
maksud dari nama domain menunjukkan katerogi situsnya
com yaitu situs komersial
net. Yaitu situs provider
edu. Yaitu situs Pendidikan
gov. Yaitu situs Pemerintah
org. Yaitu situs organisasi
mil yaitu situs militer
berlaku secara internasional di amerika dimana internet itu ditemukan, masing-masing negara memiliki regulator tersendiri misalnya di Indonesia misalnya
co.id situs komersial
net..id Yaitu situs provider
ac.id Yaitu situs Pendidikan
go.id. Yaitu situs Pemerintah
or.id. Yaitu situs organisasi
untuk negara lain juga sama yaitu
my yaitu singkatan  dari negara  malaysia
sg yaitu singkatan  dari negara singapura
kr yaitu singkatan  dari negara korea
hk yaitu singkatan  dari negara hongkong









0 komentar:

Posting Komentar

Please Give Your Feedback Or Message.
Thank You!!?

Unique 1:1 Traffic Exchange

♪ ♥ Ma liste de blogs ♥ ♪

♪ ♥ Please Votes! Thanks. ♪ ♥
×