Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

♪ ♥ Get Paid Daily - The Best Sites PTC ♥ ♪
DonkeyMails.com: No Minimum Payout
AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys

Kamis, 09 Agustus 2012

Pernyataan Resmi Core Content Media Tentang Hwayoung T-Ara


Tepat pada tanggal 30 Juli, pukul 1 KST (11 PM Indonesia), CEO Core Contents Media, Kim Kwangsoo, membuat pernyataan resmi terkait girlgroup T-Ara, seperti yang ramai diberitakan pada beberapa hari yang lalu.
Sudah diumumkan bahwa Hwayoung akan meninggalkan T-Ara dan masa kontraknya sudah habis. CEO Kim Kwangsoo mengatakan,“Kami sudah mengumpulkan jawaban dari 19 orang staff T-Ara (5 stylist, 7 penata rias, 5  manager on-site , 2 manager tim)terkait Hwayoung, dan sudah ditentukan bahwa Hwayoung sekarang akan menjadi artis freelance dan kontraknya sudah diputus.”
CEO tersebut melanjutkan, “Aku ingin mengatakan bahwa rumor yang beredar mengenai T-Ara yang mem-bully Hwayoung tidak benar. Staff dari Core Contents Media bertahan denganku hingga pagi untuk mendengarkan opini dari setiap member T-Ara. Aku meminta maaf untuk semua kerja keras dan masalah yang telah dialami oleh staf.”

Dia juga menambahkan, “Untuk member T-Ara, kami meminta maaf untuk beban dan kesulitan yang dialami fans karena banyaknya masalah. Aku benar-benar meminta maaf karena telah mengumumkan kabar ini pada ulang tahun T-Ara yang ketiga.”

Dia menyelesaikannya dengan, “Member T-Ara yang lain ingin Hwayoung sukses dalam karirnya sebagai rapper.” 

source: newsen
via: koreaboo

Apa Perbedaan Wajah Krystal f(x) Sebelum dan Sesudah Memakai Make-Up?

Krystal f(x) telah menjadi bahan perbincangan baru-baru ini dengan fotonya sebelum dan setelah mengenakan makeup–karena memang sulit membedakan antara keduanya!
Foto tersebut didapatkan dari video promosi Krystal untuk Clean&Clear. Pada video berdurasi 1 menit tersebut, Krystal berbagi tentang perhatiannya terhadap penggunaan makeup tebal di usia dini dan mengingatkan jika hal itu dapat merusak kulit. Ia mencari solusi tentang “bagaimana menjadi cantik di masa depan tanpa harus mendapatkan masalah kulit”, dan tentu saja jawabannya adalah Clean&Clear.
Tetapi apa yang menjadi sorotan netizens adalah tentang penampilan Krystal sebelum mengenakan makeup. Kebanyakan dari selebriti berubah drastis setelah mereka mengenakan makeup, tetapi Krystal bisa terlihat cantik secara alami dengan atau tanpa makeup. Walaupun makeup tersebut dikenakan hanya untuk membuatnya terlihat cantik secara alami (ia berkata, “ini terlihat lebih alami sekarang”, pada akhir video), netizens telah terkesan dengan kulitnya yang terlihat “seperti keramik”, walau tanpa makeup.
Netizens berkomentar, “Saya bingung…ia terlihat sama-sama cantik di kedua foto tersebut,” “Yang berbeda hanya rambutnya,” dan “Mengapa ia begitu cantik?!”

Jiyeon T-Ara Operasi Plastik???

T-ara scandal taking a toll on recent dramas



Setelah skandal terbesar tahun ini, beberapa anggota T-ara terus kegiatan individu mereka tampil di drama mengumpulkan banyak minat dari masyarakat.

Pertama, Soyeon membintangi 'Haewoondae Lovers' KBS2 sebagai Jo Yuh adik Jung muda, Lee Gwan Soon. Namun, Soyeon tidak bisa menghadiri konferensi pers yang diadakan pada tanggal 1 Agustus.

Sebaliknya, Hyomin telah mengumumkan bahwa ia adalah untuk menghadiri konferensi persnya untuk sitkom MBC fantasi 'Manusia seperseribu', ini 14 datang di Pusat Mimpi MBC di Kyungkido.

Konferensi pers ini menerima banyak perhatian karena akan menjadi pertama kalinya bagi seorang anggota T-ara untuk keluar di publik setelah skandal itu.

Setelah Seoyeon dan Hyomin, Eunjung akan membuat penampilannya di SBS 'Five Fingers' yang akan disiarkan tanggal 18. Dan tidak seperti Soyeon dan Hyomin yang berperan sebagai karakter pendukung, Eunjung berperan sebagai peran utama. Eunjung akan menjadi kedua untuk muncul di depan publik melalui konferensi pers pada tanggal 16 Agustus.

Sementara itu netizens masih sangat meminta untuk T-ara anggota yang akan keluar dari drama (s). Apakah insiden intimidasi itu benar, netizens terus menyatakan bahwa mereka tidak ingin melihat drama yang menampilkan mereka yang terlibat dalam kontroversi tersebut. Sebelumnya, netizens merasa geram melihat bahwa T-ara anggota tidak diedit keluar pada episode terbaru 'Kuis untuk mengubah dunia MBC dan KBS Krisis Luput NO.1'.

Pengenalan Java dan Konsep OOP Inheritance


Java adalah bahasa pemrograman yang lagi naik daun, kepopulerannya sudah melampui bahasa C.
Hal itu terjadi karena java memiliki beberapa kelebihan
  • aplikasi yang dibuat dengan mengunakan java dapat dijalankan di berbagai OS yang didalamnya sudah terdapat Java Virtual Machine (JVM). Bahasa kerennya Write Once Run Any WhereMendukung pemrograman berorientasi object (Fully support OOP)
  • Banyak referensi-referensi untuk belajar java, termasuk juga komunitas developer java diinternet
  • Banyak contoh program atau pun library yang siap pakai dan dapat digabungkan dengan program yang kita buat
  • Gratis / Free
Nah sekarang sudah tertarik belum belajar java ?
Pernah berfikir untuk bisa membuat aplikasi yang dapat berjalan di handphone / blackberry. Kalau mau yah harus belajar java.
Oke, sekarang kita mulai membahas konsep object oriented menggunakan java. Dalam pemrograman berorientasi object, kita harus memandang segala sesuatu sebagai object.
Berbagai benda disekitar kita adalah object seperti meja, kuri, rumah dan lainnya.
Kenalan dengan object dan class
Ada pertanyaan nih, kita kan harus memandang segala suatu sebagai object. Bagaimana caranya kita memindah pemikiran object didunia nyata menjadi object didunia sofware khususnya pemrograman java ?
Sekarang mari kita ambil contoh object burung
Sekarang mari kita perhatkan, burung itu punya nama, mata, kaki, sayap, warna, jenis. Burung juga dapat terbang, berkicau dan berjalan. Mata, kaki sayap dan warna dalam dunia pemrograman disebut juga atribut atau properties. Terbang, berkicau dan berjalan dalam dunia pemrograman disebut jugabehaviour atau method.
class adalah cetakan, template, prototype dari object, sedangkan object adalah instance dari kelas. Satu kelas dapat mempunyai object lebih dari satu atau banyak.
Bingung yah, nggak usah bingung. Ibaratkan saja class itu adalah cetakan kue dan object itu adalah kue dari cetakan tersebut.
Satu cetakan kue menghasilkan banyak kue
Selanjutnya mari kita lanjutkan ke pemrograman javanya.
Untuk membuat sebuah class dengan java sangatlah mudah, cukup gunakan
public class nama_class { }
class biasnya terdiri dari beberapa attribut dan method
Sekarang mari kita buat class Burung.


public class Burung {
    String nama; //atribut nama
    String jenis; //atribut jenis
    String warna; //atribut warna
    String sayap; //atribut sayap
    //method terbang
    public void terbang(){
        this.sayap = "mengepak";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Terbang");
    }
    //method tidur
    public void tidur(){
        this.sayap = "diam";
        System.out.println("Burung "+this.nama+" Sedang Tidur");
    }
}

Attribute adalah Berbagai variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object. nama, warna, sayap, dan jenis adalah atribute dari class BurungMasih bingung apa itu attribute dan method ?
Method ethod adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class. terbang dan tidur adalah method atau behaviour dari class Burung
Untuk membuat object baru dari class Burung tersebut kita harus menginstantiate class Burung. Untuk menginstantiate sebuah class gunakan keyword new
Sekarang mari program untuk membuat object dari class Burung.

public class BurungBeraksi {
    public static void main(String[] args){
        Burung burungnuri = new Burung();//membuat object burungnuri dari class Burung
        burungnuri.nama = "Nuri"; //memanggil attribut nama pada object burungnuri dan memberi nilai
        burungnuri.warna = "Merah";
        System.out.println("Burung "+burungnuri.nama+" warnanya "+burungnuri.warna);
        //memangil method terbang object burungnuri
        burungnuri.terbang();
        System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
        burungnuri.tidur();
        System.out.println("Sayapnya "+burungnuri.sayap);
        System.out.println("");
        Burung burungmerpati = new Burung();//membuat object burungmerpati dari class Burung
        burungmerpati.nama = "Merpati";
        burungmerpati.warna = "Putih";//memanggil attribut warna pada object burungmerpati dan memberi nilai
        System.out.println("Burung "+burungmerpati.nama+" warnanya "+burungmerpati.warna);
        //memangil method terbang object burungmerpati
        burungmerpati.terbang();
        System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
        burungmerpati.tidur();
        System.out.println("Sayapnya "+burungmerpati.sayap);
    }
}


Jika class BurungBeraksi di run maka hasilnya :
Burung Nuri warnanya Merah
Burung Nuri Sedang Terbang
Sayapnya mengepak
Burung Nuri Sedang Tidur
Sayapnya diam
Burung Merpati warnanya Putih
Burung Merpati Sedang Terbang
Sayapnya mengepak
Burung Merpati Sedang Tidur
Sayapnya diam

Inheritance
Object Oriented Program memiliki beberapa karakteristik, yang akan kita bahas disini adalah inheritance atau pewarisan.
inheritance adalah pewarisan yang artinya sebuah class dapat mewarisi atribut dan metho dari class lain, sebagai contoh dalam dunia nyata adalah Class Burung menurunkan sifat dan kemampuannya kepada class Bebek. Class Burung sebagai superclass dan mewariskan atribut juga methodnya kepada class Bebek sebagai subclass. Berikut ini gambarannya.
Berikut contoh implementasinya dalam java
Buat Class dengan nama Bebek yang mewarisi class Burung gunakan keyowd extends


public class Bebek extends Burung{
       String kaki;
       public void berenang(){
           System.out.println("Bebek berenang menggunakan kakinya yang    berselaput");
      }
}

Untuk membuktikannya mari bahwa class bebek mewarisi attribut dan method class burung kita buat class BebekBeraksi


public class BebekBeraksi {
    public static void main (String[] args){
        Bebek bebekku = new Bebek(); //membuat object bebekku dari class bebek
        bebekku.nama = "Donald Duck"; //terbukti object bebekku mewarisi attribut nama dari class Burung
        bebekku.warna = "Coklat";
        System.out.println("Bebek ini bernama "+bebekku.nama+" dan warnanya "+bebekku.warna);
        bebekku.tidur(); //terbukti object bebekku mewarisi method tidur nama dari class Burung
        bebekku.kaki ="berselaput"; //memanggil object kaki dan menset nilainya
        bebekku.berenang();//memanggil method berenang object bebekku
    }
}


Jika class BebekBeraksi dirun hasilnya
Bebek ini bernama Donald Duck dan warnanya Coklat
Burung Donald Duck Sedang Tidur
Bebek berenang menggunakan kakinya yang berselaput

Terbuktikan class bebek mewarisi class Burung.
Melihat hasil diatas ada kalimat yang aneh. Yaitu “Burung Donald Duck Sedang Tidur” classnya bebek kok hasilnya burung itu karena yang dipanggil adalah method tidur yang diwarisi dari class burung.
Untuk memperbaikinya kita bisa mengoveride method tidur tersebut. Tambahkan method tidur pada class Bebek, sehingga bentuk programnya menjadi seperti ini.

public class Bebek extends Burung{
    String kaki;
    public void berenang(){
        System.out.println("Bebek berenang menggunakan kakinya yang berselaput");
    }
    public void tidur(){
        System.out.println("Bebek "+this.nama+" Sedang Tidur");
    }
}


Run kembali class BebekBeraksi, maka sekarang hasilnya adalah
Bebek ini bernama Donald Duck dan warnanya Coklat
Bebek Donald Duck Sedang Tidur
Bebek berenang menggunakan kakinya yang berselaput

Sudah tidak ada kalimat yang janggal dan terbukti bahwa method di superclass dapat dioveride oleh subclassnya.

Sejarah Java



Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer Termasuktelepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagaiMesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

Perkembangan Java
Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Goslingdan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browserMosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek,Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentukNetscape

Algoritma Pemrograman Java




Algoritma Pemrograman Java - Hallo kawan, kali ini saya
akan menulis tentang belajar algoritma pemrograman java
yang sebelumnya sudah saya pelajari dalam materi kuliah saya,
sebelum lebih jauh membahasnya kita perlu tahu pengertian
program dan bahas pemrograman, menurut bukunya
bapak Abdul Kadir, Program adalah kumpulan instruksi
yang digunakan untuk mengatur komputer agar  melakukan
tindakan tertentu, sedangkan bahasa pemrograman merupakan
bahasa yang digunakan untuk membuat suatu program,
misalnya bahasa pemrograman Java, pascal, C dan Basic.

Oke lanjut ketopik awal mengenai algoritma pemrograman java, 
kita bisa mengartikan algoritma ialah sebuah langkah-langkah
untuk memecahkan masalah dan pemrograman ialah bahasa
pemrograman untuk membangun / memecahkan masalah,
bisa dengan bahasa pemrograman Java, pascal, C dan Basic.
Jadi kita bisa tarik kesimpulan algoritma pemrograman java
merupakan langkah-langkah logis untuk memecahkan suatu
masalah dengan mengunakan bahasa pemrograman java.

Kemudian bagaimana memecahkan masalah dengan program ?

Kita bisa memecahkan sebuah masalah dengan program dengan
tiga langkah dibawah ini :

  • Menganalisis masalah dan membuat algoritma
  • menuangkan algoritma kedalam bentuk program
  • mengeksekusi dan menguji program
Berhubung kita saat ini belajar algoritma pemrograman java
kita akan menganalisis masalah sederhana mencari keliling
persegi panjang, kita  tentu harus mengetahui rumus
persegi panjang dan selanjutnya menuangkan kedalam
bentuk program. Saya asumsikan rumus keliling persegi panjang
adalah keliling = 2 x (panjang + lebar) maka dapat kita tuangkan
dalam bentuk pemrograman java keliling = 2 * (panjang + lebar).

Thanks!

Komunikasi Data


1.Pengertian Komunikasi data

Komunikasi Data merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media Komunikasi Data.Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain. 

Komunikasi Data saat ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, karena telah diterapkan dalam berbagai bentuk aplikasi misal: komunikasi antar komputer yang populer dengan istilah internet, Handphone ke komputer, Handphone ke Handphone, komputer atau handphone ke perangkat lain misal: printer, fax, telpon, camera video dll. 
Model komunikasi sederhana terdiri dari :
• Source
• Transmitter (Pengirim)
• Transmission System (Sistem Transmisi)
• Receiver (Penerima)
• Destination (Tujuan)
Source
Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh alat yang bisa disebut source adalah : telepon dan PC (Personal Computer)
Transmitter (Pengirim)
Biasanya data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuknya aslinya. Sebuah trasmitter cukup memindah dan menandai informasi dengan cara yang sama seperti menghasilkan sinyal-sinyal elektro-magnetik yang dapat ditrasmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan. Contoh : Sebuah modem tugasnya menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sebelumnya sudah dipersiapkan misalnya PC (Personal Computer), dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat melintasi jaringan telepon.
Transmission System (Sistem Transmisi)
Sistem transmisi berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan (destination).
Receiver (Penerima)
Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. Contoh : modem akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream.
Destination (Tujuan)
Destination menangkap data yang dihasilkan oleh receiver



1.1 Komponen Komunikasi Data

* Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data, berupa komputer, alat lainnya seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.

Penerima, adalah piranti yang menerima data, juga bisa berupa komputer, alat lainnyaseperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.

Pesan / Data, adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka,gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.

Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisaberupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.

Protokol, adalah aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi. Tanpa protocol, dua alat atau lebih mungkin saja bisa saling terhubung tetapi tidak dapat saling berkomunikasi, sehingga message yang dikirim tidak dapat diterima oleh alat yang dituju.

2. Media Pengiriman data
2.1 Media yang terpandu

Kabel Twisted Pair: Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.

Kabel Coaxial: Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor diluar melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet pembungkus.

Optical fiber: Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa sinyal.

2.2 Media yang tidak terpandu

Wireless: Media pengiriman data menggunakan medium udara sebagai media penyaluran sinyal elektromagnetik.

3. Perbedaan Sinyal/Isyarat Analog Dengan Digital
3.1 Sinyal Analog
Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua
bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.
Dengan menggunakan sinyal analog, maka jangkauan transmisi data dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.

Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.

Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.

Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.

3.2 Sinyal Digital
Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tibatiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital.
Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah. Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 , berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah.


4. Protokol
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik.
Standar protokol yang terkenal yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).

4.1 Komponen Protokol
1. Aturan atau prosedur

* Mengatur pembentukan/pemutusan hubungan

* Mengatur proses transfer data

2. Format atau bentuk

* representasi pesan

3. Kosakata (vocabulary)

* Jenis pesan dan makna masing-masing pesan

4.2 Fungsi Protokol
Secara umum fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan
sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan
dengan baik dan benar. Sedangkan fungsi protokol secara detail dapat dijelaskan
berikut:

Fragmentasi dan reassembly: Fungsi dari fragmentasi dan reasembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket informasi yang lengkap.

Encaptulation: Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi informasi yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain.

Connection control: Fungsi dari Connection control adalah membangun hubungan (connection) komunikasi dari sisi pengirim dan sisi penerima, dimana dalam membangun hubungan ini juga termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
Flow control: Berfungsi sebagai pengatur perjalanan datadari sisi pengirim ke sisi penerima.
Error control: Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
Transmission service: Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta
perlindungan data.

4.3 Susunan Protokol
Protokol jaringan disusun oleh dalam bentuk lapisan-lapisan (layer). Hal ini mengandung arti supaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit. Di dalam layer ini, jumlah, nama, isi dan fungsi setiap layer berbeda-beda. Akan tetapi tujuan dari setiap layer ini adalah memberi layanan ke layer yang ada di atasnya. Susunan dari layer ini menunjukkan tahapan dalam melakukan komunikasi.
Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface. Interface ini menentukan layanan layer yang di bawah kepada layer yang di atasnya. Pada saat merencanakan sebah jaringan, hendaknya memperhatikan bagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkan di antara dua layer yang bersangkutan.

4.4 Standarisasi Protokol (ISO 7498)
ISO (International Standard Organization) mengajukan struktur dan fungsi protocol komunikasi data. Model tersebut dikenal sebagai OSI (Open System Interconnection) ReferenceModel.

Terdiri atas 7 layer (lapisan) yang mendefinisikan fungsi. Untuk tiap layernya dapat
terdiri atas sejumlah protocol yang berbeda, masing-masing menyediakan pelayanan
yang sesuai dengan fungsi layer tersebut.

1. Application Layer: interface antara aplikasi yang dihadapi user and resource jaringan yang
diakses. Kelompok aplikasi dengan jaringan:
a. File transfer dan metode akses
b. Pertukaran job dan manipulasi
c. Pertukaran pesan

2. Presentation Layer: rutin standard me-presentasi-kan data.
a. Negosiasi sintaksis untuk transfer
b. Transformasi representasi data

3. Session Layer: membagi presentasi data ke dalam babak-babak (sesi)
a. Kontrol dialog dan sinkronisasi
b. Hubungan antara aplikasi yang berkomunikasi

4. Transport Layer:
a. Transfer pesan (message) ujung-ke-ujung
b. Manajemen koneksi
c. Kontrol kesalahan
d. Fragmentasi
e. Kontrol aliran

5. Network Layer: Pengalamatan dan pengiriman paket data.
a. Routing
b. Pengalamatan secara lojik
c. setup dan clearing (pembentukan dan pemutusan)

6. Data-link Layer: pengiriman data melintasi jaringan fisik.
a. Penyusunan frame
b. Transparansi data
c. Kontrol kesalahan (error-detection)
d. Kontrol aliran (flow)

7. Physical Layer: karakteristik perangkat keras yang mentransmisikan sinyal data.


5. Router, Bridge dan Repeater
5.1 Router
Router adalah merupakan piranti yang menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda tipe maupun protokol. Dengan router dapat dimungkinkan untuk :

* Menghubungkan sejumlah jaringan yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda.

* Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi yang lain.

* Membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil dan muda untuk dikelola.
* Memungkinkan jaringan dihubungkan ke internet dan informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapa saja.
* Mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ke tujuan.
* Melindungi jaringan dari pemakai-pemakai yang tidak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data-data yang tidak berhak untuk diakses.


5.2 Bridge
Bridge adalah jenis perangkat yang diperlukan jika dua buah jaringan bertipe sama
(ataupun bertopologi berbeda) tetapi dikehendaki agar lalu lintas lokal masing-masing
jaringan tidak saling mempengaruhi jaringan yang lainnya. Bridge memiliki sifat yang
tidak mengubah isi maupun bentuk frame yang diterimanya, disamping itu bridge
memiliki buffer yang cukup untuk menghadapi ketidaksesuaian kecepatan pengiriman
dan penerimaan data.

Adapun alasan menggunakan bridge adalah sebagai berikut :

* Keterbatasan jaringan, hal ini terkait erat dengan jumlah maksimum stasiun, panjangmaksimum segmen, dan bentang jaringan
* Kehandalan dan keamanan lalu lintas data, bridge dapat menyaring lalu lintas data antar dua segmen jaringan
* Semakin besar jaringan, performa atau unjuk kerja semakin menurun
* Bila dua sistem pada tempat yang berjauhan disambungkan, penggunaan bridge dengan saluran komunikasi jarak jauh jauh lebih masuk akal dibandingkan dengan menghubungkan langsung dua sistem tersebut


5.3 Repeater
Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal
atau isyarat yang melewatinya, Dua sub jaringan yang dilewatkan pada repeater
memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan. Repeater juga berfungsi untuk
memperbesar batasan panjang satu segmen. Sehingga dapat digunakan untuk
memperpanjang jangkauan jaringan.




Sumber : (Ebook komunikasi data UGM 2004 , wikipedia)
Unique 1:1 Traffic Exchange

♪ ♥ Ma liste de blogs ♥ ♪

♪ ♥ Please Votes! Thanks. ♪ ♥
×