Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

♪ ♥ Get Paid Daily - The Best Sites PTC ♥ ♪
DonkeyMails.com: No Minimum Payout
AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys

Minggu, 30 September 2012

Komunikasi Data


Komunikasi Data adalah pengiriman data dari suatu sumber (disebut source) ke tujuan (disebut destination). Blok diagram rangkaian komunikasi data dapat dilihat pada gambar berikut, dimana blok-blok diagram tersebut meliputi tiga bagian, yaitu : sumber, media transmisi, dan tujuan.
Gambar Blok Diagram Rangkaian Komunikasi Data

Model Komunikasi Data
Membedakan hubungan antara pengirim dan penerima dalam tiga mode komunikasi, yaitu:
1. Mode Simplex
Mode Simplex adalah suatu metode komunikasi anatar pengirim dan penerima yang bersifat satu arah. Sisi pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim informasi, sedangkan sisi penerima berfungsi sebagai penerima informasi. Kedua sistem tersebut tidak dapat saling berkomunikasi sehingga metode simplex sering disebut dengan saluran one way only. Contoh : Pesawat penerima radio yang menerima siara radio dari pancaran stasiun radio.

Gambar Mode Simplex.

2.  Mode Half Duplex
Mode Half Duplex adalah suatu metode komunikasi yang dapat dilakukan dua arah secara bergantian (waktu tidak sama). Sisi pengirim dapat mengirim informasi dan sisi yang lain dapat berfungsi sebagai penerima. Mode half duplex dapat disebut juga two way alternate. Contoh : Radio transceiver.

Gambar Mode Half Duplex.

3. Mode Duplex (Full Duplex)
Mode Duplex adalah suatu metode yang digunakan pada komunikasi untuk dua arah secara terus menerus. Sisi pengirim dan penerima dapat berkomunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan. Contoh : Pesawat Telepon.
Gambar Mode Duplex (Full Duplex)

0 komentar:

Posting Komentar

Please Give Your Feedback Or Message.
Thank You!!?

Unique 1:1 Traffic Exchange

♪ ♥ Ma liste de blogs ♥ ♪

♪ ♥ Please Votes! Thanks. ♪ ♥
×