Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

♪ ♥ Get Paid Daily - The Best Sites PTC ♥ ♪
DonkeyMails.com: No Minimum Payout
AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys

Rabu, 04 Juli 2012

Membuat Pemandangan Laut

3Ds Max Tutorial

MATERI PADA TUTORIAL INI :
01. Paint Deformation
Kita bisa menggunakan brush untuk menciptakan perbukitan dan lembah hanya dengan mengatur value di bagian Paint Deformation ini.

02. Displace
Selain cara di atas, ada cara lain lagi untuk menciptakan bukit dan lembah. Cara yang ini, kita membutuhkan Photoshop untuk merancangnya. Dalam Tutorial ini, dijelaskan mulai dari merancang di Photoshop sampai menggunakan bahan tersebut di 3Ds Max.

03. Membuat Bahan Untuk Gelombang Air
Di sini, kita membutuhkan After Effects untuk membantu kita membuat Gelombang Air.Hanya dengan memakai Fractal Noise di After Effects, dan memberinya keyframe, kita sudah bisa menciptakan animasi bahan untuk gelombang air.

04. Membuat Plane dan Memberi Animasi
Setelah membuat bahan Gelombang dari After Effects, kini kita kembali ke 3Ds Max. Mulai menciptakan Plane sebagai bahan yang akan kita ciptakan menjadi gelombang air, sampai ke pemberian material pada semua komponen yang ada pada project di Tutorial ini.

MATERI 01
Paint Deformation
Langkah - langkah :
 
01. Buatlah Plane pada Top Viewport dan masukkan nilai pada segmen serta beberapa Parameter yang diperlukan seperti yang terlihat pada Gambar berikut :

02. Klik Kanan dan pilih Convert to Editable Poly.

03. Pada bagian bawah dari Parameter  Editable Poly,  terdapat Paint Deformation.  Sekarang,  klik pada  tombol Push,  lalu  cobalah mengklik pada Plane yang sudah Anda buat sebelumnya. Berikan nilai - untuk membuat Lembah atau nilai + untuk membuat bukit di bagian Push/Pull Value.


MATERI 02
Modifiers Displace
MEMBUAT PEMANDANGAN LAUT
Langkah - langkah :
 1.  Buatlah Gambar hitam putih seperti pada gambar di bawah ini dengan bantuan Photoshop.
2.  Setelah selesai, simpan dalam format JPG.
3.  Ulangi langkah 01 dan 02 pada MATERI 01, lalu di bagian Modify, pada Modifier List, Pilih Displace.


04. Pada Displace Parameter, Klik pada Tombol Bitmap  yang bertuliskan None,  lalu Anda Pilih gambar  yang  telah Anda  rancang dengan Photoshop.

05. Pada Displace Parameter, di bagian Alignment, Klik pada Tombol Bitmap Fit dan Pilih gambar yang  telah Anda buat dengan Photosahop tadi.
 
06.  Pada Displace  Parameter, di bagian Displacement,  isikan +  untuk membuat  Bukit dan  -  untuk mebuat  Lembah  seperti  yang terlihat pada Gambar di bawah ini.


MATERI 03
Membuat Bahan Untuk Gelombang Air
Langkah - langkah :
 
01.  Buka  After  Effects,  lalu  buatlah  Composition  baru  dan masukkan  informasi  pada  Parameter  yang  dibutuhkan  seperti  yang
terlihat pada gambar berikut.


02. Pada Menu Layer, Pilih New, lalu klik pada bagian Solid dan masukkan info seperti gambar berikut :
3.  Pada Menu Effect, sorot Noise & Grain lalu Pilih Factal Noise
4.  Pada Factal Noise Parameter, ubahlah beberapa Parameter seperti pada gambar berikut:
5. Pada  Factal Noise Parameter, di bagian Offset, buatlah  animasi dari  kiri  ke  kanan dengan membuat  2 Keyframe  seperti pada  gambar.

6. Setelah selesai membuat animasi, Export dalam bentuk Quick Time Movie yang nantinya digunakan untuk membuat Gelombang Air.


MATERI 04
Membuat Plane dan Memberi Animasi
Langkah - langkah :
 01.  Buatlah Plane seluas Lembah yang sudah Anda ciptakan.
02.  Pada Plane yang baru dibuat, beri Modifier Displace. Lalu pada Displace Parameter di bagian Bitmap,  tekan Tombol None dan  Pilih Animasi yang telah Anda buat dengan After Effects. Ubah pada Strength sampai mendapatkan Animasi yang Anda inginkan.
03.  Untuk lebih menarik, beri Material pada bukit yang Anda buat.
04.  Terakhir, tambahkan Camera lalu buatlah Animasi pada Camera tersebut.

Semoga Bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar

Please Give Your Feedback Or Message.
Thank You!!?

Unique 1:1 Traffic Exchange

♪ ♥ Ma liste de blogs ♥ ♪

♪ ♥ Please Votes! Thanks. ♪ ♥
×